3 Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

3 Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Posted on

3 Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran – Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips riset keyword atau kata kunci dengan mudah. Karena pada dasarnya seorang internet marketer atau blogger membutuhkan riset keywords (kata kunci) untuk mengoptimasi website dari sisi SEO (Search Engine Optimization). Dengan melakukan riset keywords tersebut seorang internet marketer atau blogger dapat mengukur seberapa besar potensi trafik dari search engine Google yang akan di dapatkan berdasarkan rangkaian kata kunci yang akan di optimasi. Nah, maka dari itu disini saya akan memberikan tiga cara untuk menemukan kata kunci yang potensial dengan menggunakan beberapa fitur yang ada, seperti Google Keyword Planner.

Inilah Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran dengan Menggunakan Google Keyword Planner dan Tool Lainnya

 

1. Riset Keywords dengan Google Keyword Planner

Cara pertama untuk mencari kata kunci yang tepat adalah menggunakan tool layanan dari google yaitu google keyword planner. Walaupun tool ini bukan tool untuk riset kata kunci, melainkan untuk pengguna Google AdWords (layanan iklan PPC Google), akan tetapi Anda dapat mencari sugesti atau referensi kata kunci disini. Banyak juga yang menggunakan tool gratis dari google ini untuk mencari ide kata kunci untuk membuat sebuat konten yang tertarget.

Disini saya akan memberi gambaran tentang cara mencari ide kata kunci menggunakan google keyword planner. Silahkan simak pembahasan dibawah ini!

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Gambar diatas merupakan tampilan awal ketika Anda membuka keyword planner. Silahkan pilih “Find new keywords” untuk memulai mencari ide keyword.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Kemudian akan tampil seperti gambar diatas dan silahkan untuk memasukkan keyword yang ingin dicari. Misalnya saya ingin berjualan dompet kulit, maka disini saya menggunakan keyword utama “jual dompet” dan “dompet kulit”. Setelah saya memilih keyword tersebut, maka akan muncul list ide kata kunci yang bervariasi seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Keterangan :
Warna Merah : List ide kata kunci
Warna Hijau : jumlah pecarian per bulan di mesin pencari google
Warna Biru : prediksi jumlah kompetitor

Nah, mulai dari situlah Anda memilih kata kunci yang kiranya cocok untuk dijadikan sebuah konten. Sebelum itu saya sarankan kepada Anda untuk mengganti Competition yang tadinya High menjadi Low. Kenapa? Karena jika Anda sedang ingin mencari peluang besar agar web/ artikel berada di halam pertama google, carilah kompetitor yang sedikit terlebih dahulu.

Setelah diubah menjadi Low silahkan cari beberapa kata kunci yang bagus dan sesuai dengan tema yang Anda buat. Misalnya saya tadi ingin berjualan dompet kulit, maka disini saya menyusun menjadi sebuah kalimat “Jual Dompet Kulit di Jogja Murah dan Berkualitas” . Jadi, intinya semua ini hanyalah kumpulan referensi saja dari google yang dimana diambil dari kata/ kalimat yang sering dicari di mesin pencari google. Anda dapat mengembangkan sendiri sesuai dengan keinginan dan juga jumlah kompetitor yang signifikan.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Agar lebih mudah dalam menganalisa keyword yang telah didapatkan, Anda dapat mengunduh file hasil riset dalam bentuk csv hanya dengan menekan tulisan “Download Keyword Ideas” seperti gambar diatas.

2. Riset Keywords dengan KeywordTool.io

Cara kedua untuk mencari ide kata kunci adalah dengan menggunakan salah satu tool gratis yang bernama keywordtool ini. Untuk cara kerjanya hampir sama dengan google keyword planner, tetapi keywordtool ini lebih simpel. Kekurangan dari keywordtool ini bisa Anda rasakan jika menggunakan versi gratisnya, karena tidak akan tampil jumlah kompetitor. Jadi, Anda hanya bisa menggunakan tool ini untuk mencari ide kata kunci saja tanpa melihat jumlah kompetitor yang ada.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Keterangan :
Warna Merah : List ide kata kunci
Warna Biru : Kolom untuk mengisikan kata kunci utama

Nah, gambar diatas merupakan tampilan halaman dari keywordtool.io yang terlihat simpel. Langkah yang harus Anda lakukan sebelum menggunakan tool ini adalah setting terlebih dahulu pada bagian negara target yang berada di samping kiri button search dan pastikan Anda memilih Google untuk riset keyword.

Kemudian akan tampil list ide kata kunci yang dicari, dapat Anda lihat di bagian tanda kotak merah. Cara kerjanya sama dengan google keyword planner tadi yang dimana Anda hanya menyusun kata kunci yang sudah didapatkan di hasil research pada keywordtool. Selain itu Anda juga bisa mengunduh file dalam bentuk csv hanya dengan menekan button “copy/export all” yang berada pada pojok kanan bawah.

3. Riset Keywords dengan Google Suggest

Cara mencari ide kata kunci yang terakhir adalah dengan memanfaatkan sugesti dari mesin pencari google. Mungkin tanpa Anda sadari bahwa setiap seeorang mencari pada mesin pencari google akan selalu disimpan datanya sebagai histori. Maka dari itu akan dijadikan sugesti oleh google ketika misal Anda sedang mengetikkan sesuatu di kolom pencari google seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Nah, disitu terdapat beberapa kata kunci yang disarankan oleh google yang dimana kata kunci itulah yang sering dicari para pengguna internet selama beberapa waktu sebelumnya. Jadi, Anda dapat memanfaatkan ini sebagai salah satu referensi dalam mencari ide kata kunci. Selain itu Anda juga bisa menemukan saran dari google di bagian halam paling bawah seperti gambar dibawah ini.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Dengan menggunakan google suggest ini Anda akan lebih simpel dan mudah dalam mencari ide kata kunci tanpa harus menggunakan tool. Tetapi disini Anda juga harus memperhatikan jumlah kompetitor yang menggunakan keyword seperti yang sedang dicari.

Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Pada gambar diatas dapat Anda lihat ada sekitar 12.200.000 hasil dari google yang menggunakan keyword tersebut. Jumlah tersebut bukanlah jumlah website, melainkan jumlah halaman yang mengandung kata kunci “jual dompet kulit”. Saya sarankan kepada Anda untuk mencari kompetitor menengah kebawah mungkin sekitar angka 3.000.000 kebawah agar kesempatan untuk mendapatkan page one lebih besar.

Mungkin itulah sharing dari saya kali ini yang membahas tentang 3 Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran, semoga artikel ini dapat menjadi manfaat bagi pembaca. Jangan lupa untuk share artikel ini agar orang di sekitar Anda juga mendapatkan ilmu sederhana ini.

One thought on “3 Cara Mudah Riset Keyword yang Tepat Sasaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *